A. Tujuan
Tujuan
pendidikan merupakn suatu hal yang ingin di capai oleh kegiatan pendidikan.
Tujuan pendidikan terbagi beberapa jenis, yaitu tujuan nasional, intistusional,
kurikuler, dan intruksional.tujuan nasional adalah tujuan yang ingin di capai
oleh bangsa, intitusional ialah tujuan yang ingin dicapai oleh lembanga
pendidikan, kurikuler ialah tujuan yang ingin dicapai oleh suatu mata
pelajaran, intruksional ialah tujuan yang ingi dicapai oleh suatu pokok atau
sub-pokok bahasan tertentu.Imam barnadib membedakan enam tujuan pendidikan
dengan merangkum pendapat langerveld yaitu:
a. Tujuan
umum, (di akhir proses pendidikan)
b. Tujuan
khusus (atas dasar usia, sifat, bakat dsb)
c. Tujuan
tidak lengkap (aspek manusia, misalnya aspek psikologis dsb)
d. Tujuan
semantara (bersifat semantara)
e. Tujuan
intermediet (perantara tujuan pokok)
f. Tujuan
insidental (pada saat tertentu)
B. Perserta
didik
Perseta
didik adalah anggota masyrakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui
proses pembeljaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan
tertentu. Perserta didik dapat di didik kerena mereka mempunyai bakat dan
disposisi-disposisi yang memungkinkan untuk diberi pendidikan, di antaranya:
a. Tubuh
anak selalu berkambang,
b. Dilahirkan
tidak berdaya,
c. Membutuhkan
pertolongan dan perlindungan,
d. Mempunyai
daya ekplorasi,
e. Mempunyai
doronagn untuk mencapai emansipasi dengan orang lain.
C. Pendidik
Pendidik
adalah orang yang dengan segaja memengarui orang lain untuk mencapai tinggkat
yang kemanusia yang lebih tinggi. Dengan kata lain orang yang dewasa yang mampu
membawa perserta didik kearah kedewasaan. Sedangkan secara akademis, pendidik
adalah tenaga kependidikan yakni anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan
diangat pada lembaga tertentu yang berkualitas, seperti pendidik, dosen, tutor,
fasilitator, instruktur, dan sebutan lain yang sesuai dengan khususunya.
D. Alat
Alat
pendidikan adalah hal yang tidak membuat kondisi-kondisi yang memungkinkan
terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi juga membantu mencapai tujuan
pendidikan. Abu ahmadi membedakan alat pendidikan kedalam beberapa katagori:
a. Alat
pendidikan positif dan negatif, (mengerjakan sesuatu yang baik dan buruk)
b. Alat pendidikan preventif dan korektif,
preventif ialah alat untuk mencegah sesuatu yang tidak baik, dan korektif ialah
alat untuk memperbaiki kesalahan (hukuman)
c. Alat
pendidikan yang menyenagkan dan tidak menyenangkan.
E. Lingkungan
/ milieu
Lingkungan
pendidikan adalah lingkunagnyang melingkupi terjadinya proses pendidikan.
Meliputi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
a. Linkungan
keluarga
Keluarga
merupakan lingkungan yang pertama dan utama. Kerena keluarga memiliki pengaruh
yang kuat terhadap perkembangan kepribadian anak yang berada ditengah-tengah
kehidupan keluarga.
b. Lingkungan
sekolah
Sekolah
adalah lembaga pendidikan yang secara resmi menyelenggarakan kegiatan
pembelajaran secara sistematis, berencana, sengaja dan terarah.
c. Lingkungan
masyarakat
Masyarakat
adalah sekumpulan manusia yang bertempat tinggal dalam suatu kawasan dan saling
berintterasi dengan sesama untuk mencapai tujuan
Pengembangan PKN di SD
Dosen : Dr.c Dirgantara Wicaksono,CH,CHt,S,Pd,M,Pd,MM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar